Senin, 19 Desember 2011

PROPOSAL


FAKTOR PENDUKUNG TEKNOLOGI DI PERGURUAN TINGGI

BAB I PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi  tidak hanya didukung dengan pengajaran oleh para dosen, Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan laluasa dalam menggali ilmu pengetahuan. Ternyata teknologi di zaman sekarang juga merupakan factor pendukung proses pembelajaran khususnya di perguruan tinggi. Dengan terus berkembangnya teknologi informasi dan Komunikasi sekarang ini, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.



B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan teknologi pendukung proses pembelajaran adalah optimalisasi fasilitas yang ada hingga dapat memudahkan proses pembelajaran 


C. Pembatasan Masalah

Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah teknologi sebagai pendukung pembelajaran


D. Perumusan Masalah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

1.       Apakah fasilitas teknologi di perguruan tinggi mendukung mahasiswa dalam kegiatan belajar?

2.       Alasan apa yang memotivasi mahasiswa memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar?

3.       Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar ?



E. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

  1. Alasan yang memotivasi mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar
  2. faktor –faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar



F. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :

a.      Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.

b.      Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.

c.       Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.




BAB II 



A. Landasan Teori

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informatika (IT) di perguruan tinggi saat ini semakin ramai, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pengakuan dari sejumlah perguruan tinggi yang menyebutkan bahwa sudah memanfaatkan IT melalui pengadaan Information Communication Technology (ICT) disertai dengan sejumlah implementasinya dalam proses pendidikan reguler. Interaksi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media komputer, internet, e-mail, dsb.



B. Hipotesis

e-Learning adalah pembelajaran yang memerlukan alat bantu elektronika. Bisa berupa technology base learning seperti audio dan video atau web-base learning (dengan bantuan perangkat computer dan internet). Dengan demikian maka e-learning adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, vidiotape, transmisi satellite atau komputer.



BAB III METODOLOGI PENELITIAN



A. Tempat dan Waktu Penelitian

Hari                 : Selasa

Tanggal            : 20 Desember 2011

Tempat             : Depok
B. Metode Penelitian yang digunakan

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang mencari informasi tambahan melalui internet dan buku.


C. Teknik analisis Data

Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar